Minggu, 08 Maret 2009

Ayo Baca...

Membaca merupakan kunci dari gudangnya ilmu, kita semua tahu peribahasa itu yang berarti bahwa salah satu kunci kita untuk mendapatkan ilmu ialah salah satunya dengan membaca. Di kalangan kita khususnya pelajar, minat dalam membaca mungkin terasa kurang, karena sebagian kita melihat suatu bacaan itu merupakan hal yang membosankan, boro – boro kita tertarik untuk membaca, baru kita lihat jumlah karakternya saja mental kita sudah ciut dan malas rasanya untuk membacanya. Padahal disisi lain membaca adalah hal yang sangat bermanfaat untuk kita.
Dalam hal ini menumbuhkan minat kita dalam membaca amat sangat penting, oleh karena itu agar minat baca dapat ditumbuhkan di dalam diri kita semua, pertama-tama kita mesti tahu apa manfaat dalam membaca itu sendiri, jika dalam diri kita semua dapat menyadari akan pentingnya membaca, maka dengan otomatis kita akan termotivasi dalam membaca, sering kita mengalami ketika kita diharuskan membaca dengan terpaksa karena ada ulangan atau tugas yang diharuskan kita membaca buku pelajaran. Namun, jika tidak kita malas untuk membaca. Sehingga, kita sudah mendoktrin diri kita bahwa membaca merupakan hal yang selalu dilakukan jika terpakasa. Nah, hal tersebut bukan menjadi kita minat dalam membaca, namun malah menjadikan kita lebih malas untuk membaca. Oleh karena itu minat baca tersebut haruslah lahir dari jiwa kita sendiri, bukan dari paksaan atau hal lain di luar diri kita.
Yang kedua, kita mesti mulai menumbuhkan minat baca kita dari hal yang terkecil sekalipun, seperti membaca Koran, majalah, novel, atau bahkan hanya bacaan yang terdapat di kemasan makanan atau bungkus gorengan yang kita beli sekalipun. So, bacalah apa saja! karena dengan membaca membuat kita semua bersentuhan dengan kehidupan, penggunaan bahasa, dan gaya tulisan kita. Yang intinya buatlah pondasi minat kita dalam membaca dari mulai hal yang terkecil. Namun disamping itu, kita semua mesti selektif juga dalam memilih bacaan, jangan sampai kita membaca bacaan yang negatif, dan menjerumuskan diri kita dalam hal yang kurang baik.
Ketiga, hargailah tulisan atau bacaan. Dengan kita menghargai tulisan maka kita akan senantiasa mendapatkan manfaat dari membaca itu sendiri. Kita sering lihat atau bahkan melakukan ketika selembar Koran, yang memuat berita serta informasi lainnya hanya dipakai untuk alas duduk kita atau hanya dipakai untuk mengipasi badan kita ketika kegerahan, tanpa tertarik untuk membacanya, padahal jika kita menghargai tulisan walupun hanya selembar Koran atau sobekan majalah, kita pasti akan membacanya dibanding hanya mendudukinya saja, dan pasti kita mendapatkan ilmu dan informasi yang bermanfaat bagi diri kita semua.
Keempat, perlakukan bacaan seperti cemilan ketika kita lapar, dengan hal itu kita dapat menyadari bahwa membaca itu merupakan hal yang menyenangkan, selain mendapat ilmu dan wawasan, kitapun dapat menikmati tulisan itu ketika kita lapar akan ilmu. Jadi, jangan berpikir membaca itu membosankan, akan tetapi anggaplah membaca itu obat dari kebosanan kita. Maka dari itu tumbuhkanlah di diri kita semua, bahwa membaca merupakan cemilan sehari hari yang sangat lezat yang tak akan membuat kita kenyang dan ingin terus membaca. Sehingga membaca merupakan nutrisi yang sangat penting bagi diri kita.
Kelima, mulailah membaca dari sekarang! Karena, tanpa kita semua memulai, kita nggak akan pernah mengetahui kelezatan, manfaat dan kesenangan dalam membaca. Nah, setelah kita semua tahu akan lezatnya bacaan, kita semua pasti ketagihan membaca, disamping itu manfaat serta ilmu yang kita dapatkan dengan membaca akan terasa sangat besar dan bahkan mempengaruhi sikap serta perilaku kita.
Semoga dengan Ini kita mendapat pelajaran bahwa membaca itu merupakan hal yang menyenangkan dan sangat bermanfaat. So..kita mulai senang membaca dari sekarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar